Pertama Kali di AS/Amerika Serikat, Layanan “Streaming” Ungguli TV Kabel

Pertama Kali di AS/Amerika Serikat, Layanan “Streaming” Ungguli TV Kabel

Kepopuleran TV kabel kian tergerus oleh layanan menonton konten berbasis dunia online (streaming).

Kini, untuk pertama kalinya, penonton di rumah tangga di Amerika Serikat (AS) lebih banyak menghabiskan waktunya menonton siaran di layanan streaming tipe Netflix, YouTube, dan Disney+, ketimbang menonton TV kabel. Hal TV tersebut dari laporan terungkap Nielsen, perusahaan terupdate dan media global yang kabar konsentrasi riset menjalankan layar kaca dan media lainnya. Menurut data Nielsen, layanan streaming di AS berdasarkan 34,8 persen dari menyumbang penayangan di Televisi. Angka itu sedikit mengungguli jumlah penayangan Layar kabel yang sebesar 34,4 persen.

Padahal selisihnya tipis, konsisten saja, data terkini Nielsen ini mengindikasikan bahwa, kini, streaming yaitu metode paling populer untuk menikmati konten/tontonan di Televisi. Setidaknya mulai di AS, di mana penetrasi broadband-nya tergolong tinggi. Sebagai perbandingan lain, TV penyangan di Televisi teresterial (prosentase to air/layar kaca antena) di AS jumlahnya free memakai 21,6 persen. Nielsen hanya, layanan streaming menempuh mendominasi penyangan di tengah pelambatan konten baru di menyuarakan tradisional, dan berkurangnya program olahraga. Perlu dicatat pula, Nielsen melacak data berhasil dari penyangan di TV saja. Data ini layar kaca termasuk penayangan di hal yang demikian atau desktop, yang kemungkinan akan meningkatkan TV penayangan streaming jauh lebih besar.

Netflix nomor satu

Layanan streaming ungguli TV kabel untuk pertama kalinya di AS pada Juli 2022, dengan Netflix sebagai layanan streaming terpopuler.

Berdasarkan laporan Nielsen, pemirsa di AS menonton rata-rata 190,9 miliar menit konten streaming per minggu, pada Juli 2022.

Angka tersebut meningkat dari periode April 2020. Dikala itu, durasi menonton rata-rata pemirsa streaming di AS adalah sebesar 169,9 miliar menit per minggu.

Layanan streaming sekarang mempunyai banyak pemain, sebut saja seperti Netlfix, Prime Video, Hulu, YouTube (termasuk YouTubeTV), Disney+, HBO, dan lainnya. Dari nama-nama beken tersebut, Netflix masih menjadi penyedia layanan streaming terpopuler, dengan pangsa pasar mencapai 8 persen. Nielsen merinci, pangsar pasar Netflix di AS didukung oleh hampir 18 miliar menit penyangan dari serial Stranger Things, serta hampir 11 miliar menit gabungan dari penayangan serial Virgin River dan The Umbrella Academy.

Dua film original Netflix, The Gray Man dan The Sea Beast juga berkontribusi lebih dari 5 miliar menit dalam seluruh penayangan Netflix, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari website Nielsen, Sabtu (20/8/2022). Adapun daftar penyedia layanan streaming terpopuler menurut pangsa pasar versi Nielsen untuk jangka waktu Juli 2022, secara berturut merupakan sebagai berikut:

Netflix – 8 persen

YouTube – 7,3 persen

Hulu – 3,6 persen

Prime Video – 3 persen

Disney+ – 1,8 persen

HBO Max – 1 persen

Laporan Nielsen selengkapnya bisa dibaca lewat tautan berikut ini. Dapatkan update isu opsi dan breaking news tiap-tiap hari dari Palembangport.com.