Ini 10 Makanan Khas Palembang Selain Pempek yang Wajib Kalian coba Guys!!

Ini 10 Makanan Khas Palembang Selain Pempek yang Wajib Kalian coba Guys!!

9 Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi - Tokopedia Blog

Selain pempek, masih banyak lho kuliner Palembang lainnya

Selain Sungai Musi, Palembang juga diketahui dengan kulinernya yang amat berbagai, salah satunya pempek. Tapi, tahukah Kalian jikalau masih banyak makanan khas Palembang selain pempek?

Kebanyakan kuliner khas Palembang memang memakai ikan sebagai bahan baku utama. Akan melainkan, ada juga lho Kalian kuliner Palembang yang bercita rasa manis dan bikin ketagihan.

Nah, sebelum makin penasaran, ada bagusnya Kalian simak daftar masakan khas Palembang yang mesti dicoba. Berikut daftarnya.

Makanan Khas Palembang

Sekiranya Kalian belum familar dengan daerah ini, sesungguhnya ada banyak sekali makanan khas Palembang yang dapat dikenal. Mulai dari makanan berat dengan rasa gurih, atau camilan manis yang menarik, berikut ini daftarnya.

1. Maksuba

maksuba

Bosan dengan yang gurih-gurih? Kalian dapat coba makanan khas Palembang yang satu ini, namanya maksuba. Tekstur kudapan manis berlapis ini betul-betul lembut dan mempunyai cita rasa yang manis.

Perpaduan telor bebek dan krimer kental manis jadi kunci kelezatan lapis maksuba.

2. Pindang Patin

pindang

Makanan khas Palembang lain yang semestinya Kalian cicipi yakni pindang. Ada cukup banyak macam pindang yang diberi tahu di Palembang.

Yang paling unggulan merupakan pindang ikan patin dan pindang tulang. Pindang ialah sajian dengan kuah santan bercita rasa asam, manis, pedas, dan gurih. Amat pas disampaikan dengan nasi hangat.

3. Celimpungan

makanan khas Palembang-Celimpungan.jpg

Celimpungan juga termasuk dalam makanan khas Palembang yang berkuah. Autentik dari Sumatera Selatan, celimpungan mengaplikasikan bahan dasar dari ikan dan tepung kanji yang hampir sama dengan pempek.

Celimpungan juga termasuk makanan yang mirip dengan pempek, perbedaannya berlokasi pada bentuk dan kuahnya. Celimpungan berbentu bulat pipih dengan ukuran diameter sekitar 10 cm.

Kecuali itu, apa yang membuat hidangan ini khas dan unik yaitu kuahnya yang terbuat dari santan kelapa dan racikan rempah yang kaya seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai, dan garam.

4. Sambal Tempoyak

makanan khas Palembang-Sambal Tempoyak.jpg

Tidak hanya makanan berat atau camilan, tapi ada juga Pedas Tempoyak yang termasuk dalam makanan khas Palembang. Saus ini ternyata punya ciri khas unik, lho!

Apabila Kalian makan saos pedas yang lazim terbuat dari cabai dan terasi, saos pedas tempoyak ini cukup unik. Karena menggunakan bahan dasar buah duren yang difermentasi dengan nama tempoyak.

Tempoyak di padukan dengan bahan lain seperti cabai merah, gula, garam, dan terasi. Pedas tempoyak ini layak disantap bersama dengan lauk lain seperti, gulai ikan dan pindang patin.

5. Laksan

makanan khas Palembang-Laksan.jpg

Layak sebagai sarapan di pagi hari, laksan terbuat dari tepung sagu dan ikan dengan rasa yang hampir menyerupai pempek. Melainkan, kuah laksan yang bersantan layaknya kuah lontong dengan warna kemerahan membuatnya lebih gurih daripada pempek.

Hal yang membedakan laksan dan pempek merupakan kuahnya. Apabila pempek menggunakan cuko, laksan memakai kuah santan kental yang pedas.

Laksan yakni makanan khas Palembang yang terbuat dari bahan dasar ikan dan tepung kanji. Adonan campuran tepung dan ikan ini kemudian disusun menjadi lingkaran pipih mirip pempek.

Kecuali itu, laksan umumnya juga disajikan sebagai lauk menu makan dan mengenyangkan. Dengan seperti itu dapat menjadi salah satu hidangan untuk keluarga.

6. Dadar Jiwo

makanan khas Palembang-Dadar Jiwo.jpg

Dadar Jiwo ialah makanan khas Palembang yang mungkin belum pernah Kalian dengar. Dadar jiwo atau dapat juga di sebut gulungan kuning ini dibuat dari tepung terigu, telur, dan kunyit.

Dalam penyajiannya, dadar jiwo lazimnya digulung menyerupai dadar gulung, lalu di dalamnya dikasih isian berupa tumis pepaya muda, udang cacah, dan kelapa parut.

7. Malbi

Malbi.jpg

Berbahan dasar utama daging sapi, penampakan makanan khas Palembang ini memang mirip semur daging. Namun, jangan salah Kalian, rempah yang dipakai lebih beraneka sehingga rasanya lebih gurih.

Umumnya teman makan pendamping malbi yakni nasi putih hangat, lontong, atau ketupat. Malbi yaitu makanan khas hari raya Idul Adha di kota Palembang. Rasanya sedap dengan daging yang lembut dan kuah yang kental.

 

8. Lempok Durian

lempok durian.jpg

Kalian sedang mencari makanan khas Palembang untuk oleh-oleh, melainkan berkeinginan yang unik dan berbeda? Karenanya jawabannya yakni lempok duren.

Makanan serupa dodol ini tak boleh dilewatkan oleh penggemar buah duren. Lempok duren terbuat dari daging buah durian autentik dengan gula sebagai pengawet natural. Rasanya sungguh-sungguh legit dan sesuai dibawa pulang.

9. Kue Lumpang

makanan khas Palembang-kue lumpang

Ada lagi camilan lain dari Palembang ialah kue lumpang. Sebagai salah satu makanan khas Palembang, kue lumpang berbahan dasar tepung tapioka dan tepung beras.

Camilan ini juga menjadi salah satu makanan ringan khas Palembang yang disukai banyak orang. Apa yang membuat kudapan manis ini khas dan unik yakni formatnya yang memiliki cekungan di tengah seperti lumpang.

Kue lumpang mempunyai beraneka variasi warna dari pewarna natural seperti pandan, gula merah, dan ubi ungu. Umumnya, kudapan manis lumpang disampaikan dengan parutan kelapa diatasnya yang akan menambah rasa gurih.

10. Lenggang

makanan khas Palembang-Lenggang.jpg

Lenggang yaitu makanan khas Palembang yang mirip seperti pempek. Hal yang membedakan lenggang dengan pempek yaitu pengerjaan memasaknya.

Kuliner lenggang dimasak dengan metode dibungkus dengan daun pisang yang kemudian dibakar.

Tapi, bahan pembuatan lenggang juga sama dengan pempek adalah terbuat dari ikan, tepung kanji, dan garam. Saus yang disampaikan juga sama merupakan mengaplikasikan saus cabe cuko yang dicocol.

Nah, itulah makanan khas Palembang kecuali pempek yang patut dicoba. Ternyata ada banyak sekali, ya. Apakah kalian tertarik untuk mencoba salah satu dari kuliner ini?