Cara Budidaya Tanaman Cabai & pemilihan benih dan pembibitan

Cara Budidaya Tanaman Cabai & pemilihan benih dan pembibitan
Jelang Ramadhan, Ditjend Hortikultura Siapkan Garut Sentra Cabai Terbesar  Nasional

Salah Satu Cara Budidaya Tanaman Cabai

1. Pengertian

Tanaman cabai (capsicum anum L) ialah tanaman perdu yang memikliki rasa buah pedas. Secara awam cabai memiliki banyak kandungan gizi dan vitamin . diantaranya yakni kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, vitamin A, B1, dan vitamin C. Cabai banyak dibudidayakan masyarakat petani karena harga jualnya yang tinggi.

2. Tehnik Budidaya

Dalam budidaya cabai yaitu pemilihan benih dan pembenihan, kriteria bibit yang baik diaplikasikan sebagai benih adalah bibit berasal dari pohon yang sehat dalam artian, tanaman induk yang akan diambil buahnya sebagai benih tidak terserang hama dan penyakit. Kecuali itu benih yang digunakan mesti bibit yang bernas atau berisi serta ukuran bibitnya seragam. Kebutuhan benih tiap-tiap hektar merupakan sekitar 150–300 gram dengan kekuatan tumbuh lebih dari 90 gram.

Berikut ini Yakni Tahap-tahap Pembudidayaan Tanaman Cabai

A. Penyemaian

Benih Dan Bibit Cabe : Ciri-Ciri Benih Unggul, Nama Benih Cabe Unggul

menyiapkan media semai berupa tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Dengan ketinggian media semai sekitar 20 cm dan panjang 1m. Sebaiknya pada persemaian diberikan naungan berupa alang alang atau daun lain agar benih yang masih muda tidak terkena cahaya sang surya secara lantas. Berikutnya benih disebar pada media semai yang sudah dihasilkan secara merata kemudian ditutup dengan tanah tipis. Agar benih pesat tumbuh perlu dikerjakan penyiraman.

B. Penyiapan Lahan

1 PENYIAPAN LAHAN Indikator Keberhasilan : Setelah selesai berlatih peserta  diharapkan mampu : a. Menjelaskan kembali tentang p

Tanaman cabai gampang tumbuh hampir pada seluruh lahan pertanian yang tanaman lain dapat hidup. Melainkan supaya tanaman bisa tumbuh dengan subur dan mewujudkan buah yang baik, perlu dicari lahan yang subur untuk melaksanakan budidaya. Keriteria tanah yang bagus untuk budidaya cabai yaitu gembur, kaya bahan organik, tak basah atau becek,dan memiliki ph sekitar 5–6,8.(Rukman 1994).

Tanah pada lahan yang akan ditanami dibersihkan dari rumput kemudian digemburkan bisa dengan cara dicangkul atau dibajak dengan traktor. Ssetelah tanah digemburkan berikutnya dibuat bedengan dengan arah dari timur kebarat supaya semua tanaman nantinya mendapatkan sinar matahari secara merata. Ukuran bedengsan lazimnya dibuat dengan lebar sekitar 100–150 cm dan panjangnya disesuaikan dengan keadaan lahan setempat.

C. Pemasangan Mulsa

4 Cara Optimalkan Penggunaan Mulsa | Tanilink

Sesudah terbentuk bedengan, berikutnya dipasang mulsa hitam perak pengan posisi warna perak diatas supaya dapat memantulkan cahaya matahari sehingga hama yang bersembunyi dibawah daun akan pergi. Sebaiknya pemasangan mulsa dijalankan pada siang hari pada dikala matahari terik agar mulsa tidak gampang sobek saat ditarik. Metode pemasanganya ialah dengan cara menarik kedua ujung memanjang di atas bedengan, lalu pasang pasak dari bambu berbentuk u pada sisi kanan dan kiri bedengan. Sekiranya mulsa sudah terpasang, Lubangi mulsa yang sudah terpasang dengan memakai potongan kaleng yang tajam dengan sistem ditekan, kemudian buat lubang tanam pada mulsa yang telah dilubangi. Jarak pembuatan lubang tam ialah 60×70 atau 70×70 cm

D. Penanaman

Sukses Tanam Cabai 20 Ton Per Hektar - YouTube

Penanaman benih tanaman cabai sebaiknya dilaksanakan pada sore atau pagi hari. Karena apabila dikerjakan pada siang hari, tanaman akan layu sebab benih masih lemah dan perlu penyesuaian dengan temperatur panas secara bertahap. Bibit yang ditanam sebaiknya benih yang telah berumur 17–23 hari atau telah memiliki jumlah daun sebanyak 2–4 helai. Sistem penanamanya adalah dengan mengambil benih dari tempat persemaia, pengambilan benih dijalankan secara hati hati. Dengan mencongkel media semai menerapkan solel agar akar tanaman muda tidak rusak, pada waktu menanam usahakan akar tunggang tanaman jangan hingga patah maupun membengkok. Pada bedengan yang akan ditanami dijadikan lubang tanam layak dengan panjang akar tanaman, kemudian kasih pupuk dasar dan tanam tanaman pada lubang hal yang demikian. Sesudah ditanam, Sebaiknya tanaman segera duisiram dan dikasih penutup seperti pelepah pisang atau daun daun lainya untuk mencegah layu yang bisa menyebabkan tanaman mati (Pracaya, 1993)

E. Pemeliharaan

LENGKAP! Cara Menanam Cabe Merah Mulai Persiapan Sampai Panen

Pada fase permulaan pertumbuhan atau tanaman masih dalam tahap penyesuaia diri dengan lingkungan baru. Penyiraman tanaman perlu dilaksanakan secara rutin tiap-tiap hari, terlebih pada musim kemarau. Sesudah tanaman tumbuh kuat serta perakaranya dalam , tanaman cukup disiram tiga hari sekali. Seandainya terdapat banyak gulma perlu dilaksanakan penyiangan, agar tak menjadi pesaing bagi tanaman kelamaan tanaman akan menjadi kurus dan kerdil. Salah satu penyebab gagal panen atau penurunan hasil panen yaitu adanya serangan hama dan penyakit,salah satu penyakit yang sering kali menyebabkan cabai rontok yakni penyakit busuk buah. Untuk itu perlu dilaksanakan pengaturan, pengaturan yang banyak dilaksanakan yakni dengan penyemprotan mengaplikasikan pestisida. Agar tanaman bisa tumbuh dengan optimal dan dapat menghasilkan, perlu dilakukan pembuangan tunas air, pembuangan tunas air bertujuan untuk mengurangi pertummbuhan vegetatif supaya tanaman tak terlalu rimbun, serta menghalangi pertumbuhan tinggi tanaman supaya memudahkan dalam perawatan serta pemanenan. Pembuangan tunas air juga bertujuan untuk mengurangi kelembaban disekitar tanaman , dengan demikian pertumbuhan cendawan akanberkurang serta meningkatkan pertumbuhan generatif (Pracaya 1993)

F. Pemupukan

Cara Pemupukan Cabe Rawit dalam Polybag | KampusTani.Com

Agar tanaman cabai bisa tumbuh dengan subur dan menjadikan buah yang bermutu pelu dilakukan pemupukan Pada waktu yang ideal serta, serta dengan dosis yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Pemupukan yang baik pantas dengan jenis pupuknya. Karena pupuk adalah nutrisi yang benar-benar penting dalam pertumbuhan tanaman. Pemupukan pertama dilaksanakan ketika tanaman berusia satu pekan pertama, yakni dengan pupuk sangkar yang ditaruh pada lubang tanam dengan dosis 1ton per hektar atau bisa juga dengan cara ditugal pada samping tanaman. Pemupukan ketiga dijalankan pada ketika tanaman berusia sekitar tiga bulan, metode pemupukanya yaitu dengan mencampurkan pupuk NPK, KNO putih, urea serta TSP. Dengan perbandingan 4:1:1:1:1, sehingga sempurna seluruh 8kg kemudian dilarutkan dengan air sebanyak 250 liter kemudian dikocorkan pada perakaran tanaman cabai dengan dosis 250 ml per tanaman. Untuk pemupukan tanaman setelah 3 bulan lebih. Bisa menerapkan pupiuk campuran yang sama pada pemupukan saat tanaman berumur 1 bulan, cuma saja jumlah dosisnya yang ditambah 2:3:8:2, dan dilarutkan dengan air sebanyak 250 liter kemudian disiramkan pada perakaran tanaman dengan dosis 250 ml per tanaman, pemiupukan ini daopat dijalankan tiap dua minggu sekali.

G. Panen

Stok Cabai Melimpah, Rp 6 Ribu per Kg - FAJAR

Kalau tanaman dirawat dengan baik umumnya sudah dapat dipanen pada usia 4 bulan , pemanenan dapat dilaksanakan sebanyak 2 kali seminggu. kriteria buah yang sudah siap panen adalah buah yang bener bener tua. biasanya ditandai dengan biji yang padat, berisi dan kalau ditekan buahnya keras, buahnya berwarna hijau tua atau hijau kemerah merahan. Umumnya pemanenean oleh petani dimajukan atau diundur beberapa hari tergantung waktu harga yang sedang tinggi. Memanenanya dijalankan dengan cara memetik tangkai buah secara hati hati agar percabangan dan calon bunga tak patah atau rusak. Panen dapat dilakukan hingga tanaman berumur 2–3 tahun dengan jumlah panen sampai 96 kali. Pada lazimnya sawat panen pertama cuma menjadikan cabai sedikit kemudian pada panen selanjutnya bertambah terus hingga mencapai puncaknya dan berikutnya akan semaki berkurang sampai kesudahannya tanaman mati.